ALL ABOUT KPMD



Penjelasan Singkat Tentang KPMD

Kesatuan Pelajar Muslim Depok adalah sebuah organisasi tingkat pelajar yang berusaha menjadi wadah untuk mempersatukan seluruh pelajar Muslim yang ada di kota Depok. Kami bergerak dalam bidang DAKWAH ISLAM dan bertujuan mempertahankan, meningkatkan, dan menyebarkan nilai-nilai Islam khususnya untuk pelajar Depok. Kami mempunyai visi untuk mengelola sumber daya pelajar menjadi generasi robbani.



Sejarah Singkat KPMD
            Pada tahun 1998, saat Depok masih menjadi bagian dari Kabupaten Bogor, dibentuklah Forum Ukhuwah Pelajar Muslim Bogor (FUPMB) oleh beberapa pelajar SMA dari Bogor. Alasan utama dibentuknya FUPMB adalah banyaknya isu yg kurang bagus tentang pelajar muslim terutama di Rohis dan Dakwah Kampus.
            Pada tahun 1999, saat Depok sudah menjadi kota (terpisah dari Kab. Bogor), terbentuklah Forum Kesatuan Pelajar Muslim Depok (FKPMD) dengan tujuan organisasi yang sama dengan FUPMB. Pengurus FKPMD angkatan pertama ini antara lain berasal dari SMAN 1 Depok, SMAN 2 Depok, SMAN 3 Depok, SMAN 1 Cimanggis (sekarang SMAN 4 Depok), SMA Bintara, SMA Ganesha, SMA Sejahtera, Dll.  Angkatan pertama dari FKPMD ini diketuai oleh Ihsan Nur dari SMAN 1 Depok.
            Seiring dengan bertambahya umur KPMD, semakin bertambah pula pengalaman yang didapat. Sehingga para pengurus KPMD terus memperbaiki segala kekurangan dan berinovasi sesuai dengan perubahan zaman dan kondisi hingga saat ini.



FAQ KPMD


     1. Apa itu KPMD?
     Jawab : Kesatuan Pelajar Muslim Depok adalah sebuah organisasi tingkat pelajar yang berusaha menjadi wadah untuk mempersatukan seluruh pelajar Muslim yang ada di kota Depok. Kami bergerak dalam bidang DAKWAH ISLAM dan bertujuan mempertahankan, meningkatkan, dan menyebarkan nilai-nilai Islam khususnya untuk pelajar Depok. Kami mempunyai visi untuk mengelola sumber daya pelajar menjadi generasi robbani.

2. Apa tujuan dari KPMD?
    Jawab :  KPMD bergerak dalam bidang DAKWAH ISLAM dan bertujuan mempertahankan, meningkatkan, dan menyebarkan nilai-nilai Islam khususnya untuk pelajar Depok.
Visi dan Misi KPMD adalah Sebagai Berikut :
Visi : untuk mengelola sumber daya pelajar menjadi generasi robbani
Misi :  
1. Meningkatkan komunikasi melalui tarbiyah jamaiyah
2. Menjadikan KPMD sebagai wadah untuk meningkatkan potensi dan kemampuan pelajar
3. Menjadikan KPMD sebagai solusi untuk engatasi persoalan-persoalan pelajar di Kota Depok
4. Merangkul aktivitas dakwah diantara pengurus KPMD

      3. Bagaimana struktur organisasi di KPMD
    Jawab :

  • Badan Pengurus Harian (BPH) : Memimpin, mengarahkan serta membimbing organisasi agar sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan dan bertanggung jawab pada seluruh anggota kpmd. Urusan administrasi dan arsip juga dikelola oleh BPH.
  • Kajian Strategis Dakwah (Kastrad) : Tugasnya adalah berdakwah ke pelajar secara khusus dan masyarakat secara umum. Namun, sebelum itu kastrad menyusun dan mengkaji strategi apa dan bagaimana cara dakwah yg sesuai dengan objek dakwah.
  • Kaderisasi : Untuk memperkuat ukhuwah dan ruhiyah para pengurus KPMD, Departemen Kaderisasi berperan penting dalam  hal menjaga dan meningkatkannya. Beberapa caranya adalah dengan mengadakan tasqif internal, Riyadhoh, dsb.
  • Humas dan Jaringan (Humjar) : Fungisnya adalah berkomunikasi dengan pihak" luar baik dari rohis" sekolah, komunitas" dan juga dengan lembaga pemerintahan dan juga menjaga hubungan baik dengan pihak luar. 
  • Media : Pada zaman sekarang, media sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, KPMD mengambil peran dengan dakwah melalui berbagai Media, diantaranya adalah Instagram, Facebook, Blog, Youtube,dsb.
  • Keuangan : Keuangan bertugas dari aspek kemandirian dalam hal pendanaan. Yaitu membuat usaha online dan offline, membuat jaket dan id card, dan membuat training fundraising dsb.
       
4. Apa saja yang dilakukan oleh pengurus KPMD?
    Jawab : Yang dilakukan oleh pengurus KPMD adalah melaksanakan program-program dakwah yang telah disusun oleh kepengurusan yang menjabat untuk membantu mencapai visi KPMD. Program yang kami jalankan juga sesuai dengan permasalahan dan kondisi pelajar saat ini. Selain itu, dari segi kaderisasi, Pengurus KPMD juga mendapatkan pembinaan ruhiyah , soft skill, dan jasmani melalui kajian, pelatihan-pelatihan, dan olahraga.

          5. Mengapa saya harus ikut KPMD?
    Jawab : KPMD adalah sebuah wadah yang menjadi kesempatan kita untuk menebar kebaikan di lingkup pelajar sekota depok, bahkan bisa meluas ke seluruh masyarakat. Dengan itu, maka Insyaa Allah sangat banyak kebaikan yg kita akan dapatkan terutama dalam amal jariyah. Dan juga sesuai dengan firman Allah di surat Muhammad ayat 7, Ali Imran:110, Nuh:7, Al- Ankabut:1-3 juga sudah seharusnya kita berkontribusi penuh dalam dakwah terutama dalam lingkup yg lebih besar karena ganjaran yg Allah berikan juga akan lebih besar jika kita niatkan karena Allah.

Popular posts from this blog

DIBALIK AYAT 19-20 SURAT AR-RAHMAN. KAMU HARUS TAU!!!

Kebakaran Besar, 60.000 Pemukim Ilegal Yahudi Dievakuasi dari Haifa