Jaulah KPMD di SMKN 2 Depok, SMA Bintara, dan SMK Muhajirn


Alhamdulillah, kegiatan jaulah KPMD di 3 sekolah yaitu SMKN 2 Depok, SMA Bintara, dan SMK Muhajirin telah berjalan dengan baik. Mungkin  teman-teman pelajar  ingin mengetahui apa aja yang dilakukan pada saat jaulah tersebut.  Kegiatan ini merupakan program dari divisi KASTRAD dalam rangka advokasi permasalahan rohis yang ada di kota Depok . Kegiatan yang dilakukan adalah sharing  masalah keorganisasian dan kaderisasi rohis.

Pada tanggal 26 November 2011 KPMD jaulah di SMKN 2 Depok dibuka dengan tilawah, dan sambutan dari kedua belah pihak. Kemudian ada sesi Sharing, Problem Solving, dan Tausiah oleh Bang Anshor, mantan ketua KPMD 2006-2007. Pada kesempatan tersebut , SMKN 2 bercerita tentang keadaan rohis disekolahnya yang masih beranggotakan sekitar 30 orang dari 400 siswa satu angkatan . Lalu KPMD, yang terdiri dari perwakilan rohis SMA se-Depok mencoba memberikan solusi dari permasalahan kaderisasi tersebut. Diantaranya adalah membangun ukhuwah yang kokoh, acara dan publikasi yang menarik ,dan perkenalan yang membekas dari pengurus rohis. 

Setelah jaulah ke SMKN 2 Depok KPMD melanjutkan kegiatan jaulah  di SMA Bintara pada tanggal Jum’at, 16 Desember 2011. Seperti biasa dibuka dengan tilawah, dan sambutan dari kedua belah pihak. Memasuki sesi sharing,  Ketua Rohis dan Ketua Keputrian Rohis SMA Bintara menjelaskan kegiatan-kegiatan rutin rohis yang sudah berjalan seperti Pengajian umum setelah sholat Jum’at oleh Ust. Fauzi dan kegiatan pengajian keputrian yang dilaksanakan setiap hari Jum’at.  Ada juga agenda PHBI yang dilaksanakan oleh Rohis SMA Bintara salahsatunya melaksanakan pemotongan Hewan Qurban. Di sesi ini juga, Ketua Rohis dan Ketua Keputrian Rohis SMA Bintara banyak menuturkan kondisi dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan rohis SMA Bintara kedepannya dalam meningkatkan partisipasi siswa-siswi meningkatkan kualitas dakwah di sekolahnya maupun hubungan Rohis SMA Bintara dengan sekolah lain. 

Kemudian KPMD pada senin, 19 Desember 2011 mengadakan jaulah Kembali ke SMK Al-Muhajirin. Acara dimulai setelah semua hadirin lengkap tepatnya jam 2 siang. Memasuki sesi sharing, KPMD mengajukan beberapa pertanyaan ke pihak SMK Al Muhajirin terkait dengan kegiatan Rohis SMK Al-Muhajirin yang tergolong angkatan baru ini. Perwakilan dari Rohis SMK muhajirin menjelaskan kegiatan yang baru-baru dilaksanakan yaitu acara penyambutan Bulan Muharram yang bekerjasama dengan OSIS SMK Al-Muhajirin. Acara tersebut berisi bazaar dan ceramah dari guru-guru SMK Al Muhajirin. Selain itu, ada juga kegiatan mentoring seminggu sekali yang dibimbing oleh Kak Rona dan Kak Fikri. Tidak cukup sampai disitu, KPMD mengadakan pertemuan dengan Rohis SMK Al-Muhajirin keesokan harinya lagi, kali ini bersama anggota Rohis ikhwan SMK Al-Muhajirin terkait dengan program kerja dan rencana-rencana yang akan Rohis SMK Al-Muhajirin lakukan dalam waktu dekat ini.

Dari kegiatan jaulah tersebut bisa disimpulkan bahwa masih ada Rohis yang mempunyai kendala-kenda, baik itu kendala internal (keanggotaan) dan eksternal (hubungan luar). Namun kendala-kendala tersebut bisa terselesaikan dengan banyak mengambil referensi, Sharing, dan melalui media lainnya. Ada juga Rohis-rohis baru yang bermunculan yang perlu diberi dorongan untuk menegakan dakwah islam disekolahnya dengan memberikan pengetahuan organisasi dan kaderisasi Rohis. Semangat untuk para pejuang muda Islam dalam menegakan Dakwah Islam di Sekolah.





Popular posts from this blog

DIBALIK AYAT 19-20 SURAT AR-RAHMAN. KAMU HARUS TAU!!!

Kebakaran Besar, 60.000 Pemukim Ilegal Yahudi Dievakuasi dari Haifa