Iedul Adha

Sepatutnya bagi kita untuk memahami apa sebenarnya makna dan pesan moral yang terkandung dari iedul adha itu sendiri sehingga kita dapat melakukan langkah yang lebih baik dalam kehidupan ini.

“Maka laksanakan sholat karena Tuhanmu, dan bekurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Qs, Al-Kautsar : 2).

Sejarah dari iedul adha sendiri berasal dari kehidupan nabi Ibrahim yang harus kita pahami mendalam.

“Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!.” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (Qs. Ash Shoffat : 102)

“Maka tatkala keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipisnya (untuk melaksanakan perinta Allah)” (Qs. Ash Shoffat : 103)

“Lalu kami panggil dia, “wahai Ibrahim!” (Qs. Ash Shoffat : 104)

“Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata” (Qs. Ash Shoffat : 106)

“Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar” (Qs. Ash Shoffat : 107)

Maksud dari ibadah kurban sebagaimana yang dicerminkan dari nabi Ibrahim yaitu untuk mengikis egoisitas dan siap untuk berkorban dalam berbagai permasalahan.
Dalam hadist riwayat Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi dari Zaid bin Arqam, suatu hari Rasulullah ditanyai "untuk aapa sembelihan ini?" belian menjawab: "Ini sunnah (tradisi) ayah kalian nabi Ibrahim a.s." lalu sahabat bertanya:"Apa manfaatnya bagi kami?" belau menjawab:"Setiap rambut qurban itu membawa kebaikan" sahabat bertanya: "Apakah kulitnya?" beliau menjawab: "Setiap rambut dari kulit itu menjadi kebaikan".


Kurban yang sebenarnya harus berdampak sosial pada orang yang melaksanakan, sehingga berkurban bukan sekedar menyembelih kambing, sapi dan sejenisnya, tetapi hendaklah kita berani berkurban dengan mengorbankan rasa egoisme, kepentingan, harta benda, perhatian kita, dan urusan-urusan lain untuk membantu terhadap sesama.





---Kesatuan Pelajar Muslim Depok mengucapkan “Selamat Hari Raya Iedul Adha 1430 H”---







_Departemen Komunikasi dan Informasi-KPMD_

Popular posts from this blog

DIBALIK AYAT 19-20 SURAT AR-RAHMAN. KAMU HARUS TAU!!!

Kebakaran Besar, 60.000 Pemukim Ilegal Yahudi Dievakuasi dari Haifa