AKHIR ZAMAN (Bag.1)

Oleh : Haliman Fauzan
Departemen Komunikasi dan Informasi-KPMD


Belakangan, masyarakat dunia bagian barat begitu takut dengan datangnya hari kiamat. Anak-anak merasa terlalu muda untuk mati, sedangkan mereka belum melakukan sesuatu di dunia ini. Para peneliti berbagai disiplin ilmu mencoba mencari jawaban kapan terjadinya hari kiamat. Mereka bertanya-tanya, “Akankan terjadi kiamat pada tahun 2012?” Coba kita perhatikan beberapa uraian orang barat berikut:

“Anda harus mengerti, tidak akan ada sama sekali sisa, kita harus akan memulai kembali semua kebudayaan dan kehidupan dari awal lagi.” – Patrick Geryl, pekerja laboratorium di Belgia.

“Artikelku dilandasi oleh penelitian terhadap kalender suku Maya, yang sudah kulakukan selama 27 tahun. Dalam system kalender Maya, aku mengamati siklus bintik matahari, transit planet Venus dan kaitannya dengan bencana alam yang terjadi. Rangkaian akhir penelitian tersebut belum kutemukan, sampai di tahun 2002. Di tahun itu, aku sadar..tahun 2012 yang katanya, merupakan tahun terakhir dalam kalender suku Indian Maya, juga merupakan titik puncak pergerakan matahari dan transit kedua Planet Venus.” - William Hart, penulis artikel “The Portal”

“Setidaknya satu penafsiran ilmiah terhadap Kitab Suci memprediksi Bumi akan musnah pada 2012. Berbagai gerakan Armageddon kaum muslim, Kristen dan Yahudi dengan aktif berupaya mempercepat pertempuran akhir zaman.”- Lawrence E. Joseph, penulis Apocalipse 2012

Sesungguhnya pengetahuan tentang kapan hari terjadinya kiamat merupakan sesuatu yang dirahasiakan oleh Allah. Tak seorangpun mengetahuinya secara pasti selain Allah. Allah hanya memberikan tanda akan dekatnya kedatangan hari kiamat, yang diceritakan melalui lisan Rasulullah Saw. Suatu ketika beliau menceritakan beberapa perkara mengenai hari kiamat, maka banyak di antara sahabat yang bertanya tentang hari kiamat secara pasti; kapankah ia akan terjadi? Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an :

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadimya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan dating kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkaumengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 187)

Jelas Allah katakan bahwa kapan terjadinya hari kiamat adalah hal yang tidak bisa kita prediksi. Banyak orang mungkin belum menyadari bahwa kondisi dunia saat ini ialah dalam kondisi dimana hampir segenap tanda-tanda kecil Kiamat yang diprediksikan oleh Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam telah bermunculan semua. Mari kita perhatikan beberapa contoh tanda-tanda kecil Kiamat berikut ini:

• Perceraian banyak terjadi
• Banyak terjadi kematian mendadak (tiba-tiba)
• Banyak mushaf diberi hiasan (ornamen)
• Masjid-masjid dibangun megah-megah
• Berbagai perjanjian dan transaksi dilanggar sepihak
• Berbagai peralatan musik dimainkan
• Berbagai jenis khamr (minuman keras) diminum manusia
• Perzinaan dilakukan terang-terangan
• Para pengkhianat dipercaya (diberi jabatan kepemimpinan)
• Orang yang amanah dianggap pengkhianat (penjahat/teroris)
• Tersebarnya Pena (banyak buku diterbitkan)
• Pasar-pasar (Mall, Plaza, Supermarket) berdekatan
• Penumpahan darah dianggap ringan (membunuh)
• Makan riba

Dapat kita simpulkan bahwa jelas sudah contoh di atas banyak kita jumpai di zaman ini. Bila kita tengok sekililing kita, banyak masyakarat melakukan pekerjaan tanpa bertanya pada lubuk hatinya, membedakan mana yang haq dan yang batil. Perasaan egoisme yang muncul lebih banyak untuk memperkaya diri sendiri, keluarga, dibandingkan memakmurkan masyarakat luas. Sehingga banyak yang melenceng dari pedoman hidup manusia yaitu Al-Quran dan Sunnah.

Kapan terjadinya kiamat tidak bisa kita prediksi melalui ramalan-ramalan yang menjamur di dunia ini. Sebab bisa menjadikan kita dekat dengan perbuatan syirik. Oleh karena itu, kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mempelajari islam dengan sebenar-benarnya. Semoga Allah selalu memberi kita petunjuk untuk tetap istiqomah dijalannya.




_Departemen Komunikasi dan Informasi-KPMD_

Popular posts from this blog

DIBALIK AYAT 19-20 SURAT AR-RAHMAN. KAMU HARUS TAU!!!

Kebakaran Besar, 60.000 Pemukim Ilegal Yahudi Dievakuasi dari Haifa